Selasa, 26 April 2011

Pemilihan Media dan Sumber Belajar

Pengertian Media Pembelajaran
Secara harfiah media diartikan sebagai medium atau perantara. Dalam kaitannya dengan proses komunikasi pembelajaran, media diartikan sebagai wahana penyalur pesan pembelajaran. Beberapa ahli dan asosiasi telah mengemukakan pengertian tentang media pembelajaran ini, antara lain sebagai berikut:
1. NEA (1969) mengartikan media pembelajaran sebagai sarana komunikasi, baik dalam bentuk cetak maupun pandangan dengar, termasuk perangkat kerasnya.
2. Wilbur Schramm (1977) mendefinisikan media pembelajaran sebagai teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran.
3. Miarso (1980) menegaskan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan anak didik sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa.
Jadi, dapat disimpulkan secara lebih sederhana bahwa media pembelajaran adalah sarana yang menyalurkan pesan atau informasi dari guru ke siswa atau sebaliknya. Penggunaan media pembelajaran akan memungkinkan terjadinya proses belajar pada diri siswa dan atau dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran. Contohnya, guru ingin menjelaskan tentang daur hidup kupu-kupu mulai dari larva/ulat. Agar lebih konkret, guru dapat membuat atau memperlihatkan gambar, foto, ataupun video tentang proses terbentuknya kupu-kupu. Tanpa guru harus menjelaskan panjang lebar, siswa akan menjadi lebih mengerti tentang daur hidup kupu-kupu dari media yang diperlihatkan guru.
Bretz menggolongkan media ke dalam kelompok media cetak, media audio, media visual diam, media visual gerak, media audiovisual diam, dan media audiovisual gerak.
a. Media Visual
Media visual adalah media yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan indra penglihatan. Media ini dapat berupa gambar diam (still pictures) atau gambar bergerak (motion pictures).Contohnya adalah poster, foto, dan slide.
b. Media Audio
Media audio adalah media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif (hanya dapat didengar) yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa mempelajari bahan ajar. Misalnya adalah kaset suara dan program radio.
c. Media Audiovisual 
Media ini merupakan kombinasi audio dan visual atau biasa disebut pandang dengar. Contohnya adalah televisi, slide dengan suara, dan video pembelajaran.

Fungsi Media Pembelajaran
Fungsi media pembelajaran yaitu mengatasi berbagai hambatan proses komunikasi, sikap pasif siswa dalam belajar, dan mengatasi keterbatasan fisik kelas.
Kegunaan media dalam mengatasi hambatan proses komunikasi antara lain untuk mengatasi verbalisme (ketergantungan untuk menggunakan kata-kata lisan dalam memberikan penjelasan), artinya dengan kata-kata lisan yang mungkin abstrak dapat digambarkan dan dibantu dengan penggunaan media sehingga verbalisme dapat diminimalkan atau bahkan ditiadakan, seperti pepatah a picture worth a thousand words (satu gambar senilai dengan seribu kata). Misalnya menunjukkan gambar seekor dinosaurus akan lebih membuat siswa tahu bentuk dinosaurus, daripada jika hanya menceritakannya saja.

Media memiliki kegunaan untuk memperkecil objek yang terlalu besar (media slide atau model), memperbesar objek yang terlalu kecil (mikroproyektor, gambar, atau film), menyederhanakan objek yang terlalu rumit (diagram dan bagan), dan menggambarkan objek yang terlalu luas misalnya bumi atau iklim (film dan gambar).

Pengertian Sumber Belajar
Berdasarkan paparan yang dikemukakan Association for Education and Communication Technology (AECT), sumber belajar diartikan sebagai semua sumber, baik berupa data, orang maupun wujud tertentu yang dapat digunakan siswa dalam kegiatan belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah siswa mencapai tujuan belajarnya.
Sumber belajar dapat dikategorikan ke dalam 6 jenis, yaitu pesan (message), orang (people), bahan (materials), alat dan peralatan (tools and equipment), teknik (technique), dan lingkungan (setting). Pesan adalah informasi dalam bentuk ide, fakta, dan data yang disampaikan kepada siswa. Orang adalah manusia yang berperan sebagai penyaji dan pengolah pesan, seperti guru atau narasumber, yang dilibatkan dalam kegiatan belajar. Bahan adalah software atau perangkat lunak yang berisi pesan-pesan pembelajaran. Alat adalah hardware atau perangkat keras, yang digunakan untuk menyampaikan pesan. Teknik adalah prosedur yang dipakai untuk menyajikan pesan. Lingkungan adalah kondissi dan situasi di mana kegiatan pembelajaran itu terjadi.
Dari sisi perancangan, sumber belajar dapat dipilah menjadi 2 jenis, sumber belajar dirancang (by design) dan sumber belajar yang dimanfaatkan (by utilization). Sumber belajar yang dirancang adalah sumber belajar yang sengaja direncanakan untuk kepentingan pembelajaran, misalnya buku, film, poster, kebun sekolah yang memang dirancang sebagai media pembelajaran. Sedangkan sumber belajar yang dimanfaatkan adalah sumber belajar yang telah ada, tinggal dimanfaatkan, di mana pada awalnya sumber belajar tersebut tidak dimaksudkan secara khusu untuk kepentingan pembelajaran, misalnya tokoh masyarakat, sekolah lain yang dianggap lebih maju dari sekolah kita, acara TV/radio.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Media dan Sumber Belajar
Untuk memperoleh hasil maksimal, pemilihan media dan sumber belajar perlu memperhatikan hal-hal berikut:
a. Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran memuat kompetensi yang diharapkan akan dimiliki siswa di akhir pembelajaran.
b. Situasi Belajar
Jumlah siswa atau besar kecilnya kelas juga ikut menentukan pemilihan media dan sumber belajar.
c. Kemudahan
Pilih media dan sumber belajar yang mudah diperoleh.
d. Ekonomis
Pilih media dan sumber belajar yang ekonomis, dalam arti efektif dan efisien.
e. Fleksibilitas
Pilih media dan sumber belajar yang fleksibel untuk digunakan berbagai mata pelajaran dan tujuan pembelajaran.
f. Kepraktisan dan Kesederhanaan
Pilih media dan sumber belajar yang praktis dan sederhana penggunaanya.
g. Kemampuan Guru
Pilih media dan sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar