Sabtu, 23 April 2011

Mengkudu Untuk Pengobatan Ketergantungan Obat dan Psikotropika

Mengkudu merupakan tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi manusia mulai dari buah, daun, sampai akarnya. Di dalam mengkudu terdapat asam kaproat yang menyebabkan mengkudu berbau busuk. Tumbuhan ini sebenarnya asli dari Asia Tenggara, tetapi sudah menyebar luas ke daratan Cina, India, Hawaii dan masih banyak lagi di dunia. Di Hawaii tanaman ini dikenal dengan Hawaii Magic Plant karena kemampuannya sebagai obat.
Manfaat dari mengkudu diantaranya:
1. Sari akarnya dapat digunakan sebagai zat pewarna merah untuk mewarnai kain dan kerajinan daun pandan.
2. Buahnya yang mengandung asam kaproat berfungsi untuk membersihkan karat pada logam.
3. Daunnya diolesi minyak kelapa dan dipanggang kemudian ditempelkan pada tempat yang sakit dapat menyembuhkan penyakit reumatik.
4. Batangnya sebagai obat penyakit malaria.
5. Sari buah mengkudu apabila dikonsumsi dalam tubuh dapat memperbaiki kerja kelenjar tiroid dan kelenjar timus yang penting untuk kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.
6. Anthraquinane yang terkandung dalam mengkudu merupakan antibakteri dan antiseptik penyakit bisul dan diare.
7. Galaktosa, rhamnosa, dan glukoronat dalam mengkudu dapat menstimulus kekebalan tubuh serta berkhasiat sebagai anti tumor.
8. Buah mengkudu dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi dan menaikkan tekanan darah pada penderita darah rendah.
9. Adaptogen pada mengkudu berfungsi menyeimbangkan fungsi sel tubuh, menormalkan fungsi otak, mengendalikan rasa sakit, dan berguna dalam pengobatan terhadap ketergantungan terhadap obat-obatan dan psikotropika.
Begitu banyak manfaat dari mengkudu walaupun baunya memang tidak enak dan sangat mengganggu jika kita harus meminumnya. Sari buah mengkudu ada baiknya sesegera mungkin diminum tanpa dipanaskan agar enzim didalamnya tidak rusak dan berfungsi maksimal. Sekarang ada juga mengkudu berbentuk kapsul siap minum yang lebih praktis. Namun ingat bahwa anda harus meminumnya sesuai dengan dosisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar