Minggu, 03 April 2011

8 Faktor Munculnya Jerawat

Semua orang yang telah menginjak usia remaja pasti pernah merasakan memiliki jerawat. Jerawat atau istilahnya acne vulgaris dapat dipengaruhi oleh beberapa hal.
Diantaranya:

1. Genetik, ternyata jerawat itu juga bisa disebabkan oleh faktor genetika. Jadi kalau orang tua itu ada jerawatnya banyak maka mungkin saja anaknya juga akan mengalami hal yang sama, tapi ini cuma salah satu penyebabnya aja lho.

2. Hormon, biasanya jerawat akan muncul ketika masa pubertas. Pada wanita biasanya juga akan muncul jerawat pada saat sebelum, sesudah, maupun saat datang bulan karena pengaruh dari naiknya kadar estrogen dan androgen.

3. Seks pada masa remaja.

4. Makanan. Jerawat bisa muncul salah satunya disebabkan oleh makanan yang pedas, lemak, dan gula. Pokoknya kalau makan itu yang secukupnya dan seimbang dibarengi dengan minum air putih, maka akan mengurangi potensi kita berjerawat.

5. Alergi juga dapat menyebabkan jerawat misalnya alergi pada keju, mentega, coklat, kacang, dan sebagainya. Kita harus mengenal diri kita sendiri makanan apa yang dapat memicu alergi tersebut sebaiknya dikurangi.

6. Kosmetik. Kosmetik yang mengandung minyak maupun lemak pada orang-orang tertentu juga dapat memicu jerawat. Jadi hati-hati sama yang namanya kosmetik. Jangan pilih yang sembarangan. Jangan mentang-mentang kosmetiknya bisa bikin wajah kinclong kita langsung pakai aja tanpa menilik komposisinya apakah nanti ada efeknya pada kulit kita atau tidak. Kan efek itu tidak seketika muncul, bisa beberapa tahun lagi atau bahkan puluhan tahun lagi.

7. Kejiwaan atau psikis yang sehat. Maksudnya adalah kita harus senantiasa menjaga mood kita agar tetap baik. Stres kan bisa dipicu atau memicu hormon-hormon naik dan turun. Lha dari situ maka bisa jadi salah satu penyebab jerawat. Jangan juga keseringan melamun dan punya banyak masalah.

8. Iklim. Iklim bisa mempengaruhi kondisi kulit seseorang. Biasanya pada iklim panaslah jerawat itu muncul. Belum lagi kalau kulit terkontaminasi dengan bakteri.

Itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang memiliki jerawat.
Penting diingat, sekarang banyak kosmetik yang menjanjikan kulit putih bahkan dapat membuktikannya dalam waktu singkat. Namun ingat teman-teman, kita tidak tahu apa yang akan terjadi beberapa tahun mendatang dengan kulit kita atau bahkan kesehatan kita. Pastikan selalu untuk mencari tahu bahan-bahan dan efeknya bagi kita. Okay!


2 komentar:

  1. jerawat emang nyebelin,,,risih bgt..
    q pnya saran wat yg pnya kulit berminyak ....
    rajinlah cuci muka anda,,,minimal,,rajinlah sholat..karena tiap mau sholat pasti wudlu...hehe...

    BalasHapus