Kamis, 10 Maret 2011

Berhasil dalam wawancara kerja, harus baca yang ini

Siapa mau bekerja? Hampir pasti anda akan melewati sebuah tes yang disebut dengan wawancara. Biasanya tes wawancara ini dilakukan setelah anda dinyatakan lulus tes pengetahuan dan tes psikologi. Karena ini adalah penentu diterima atau tidaknya anda bekerja di perusahaan tersebut maka anda harus memiliki persiapan yang cukup untuk menghadapinya.

Anda harus memastikan bahwa anda tidak akan terlambat dalam tes wawancara tersebut. Datanglah lebih awal dari waktu yang ditentukan dan jangan datang terlalu awal karena pasti akan membuat anda panas dingin karena menunggu terlalu lama. Optimislah pada diri anda bahwa anda dapat menjawab pertanyaan yang akan diberikan oleh pewawancara.

Ini dia hal yang biasa dinilai saat wawancara:

a. Physical requirement atau ketentuan fisik yang dibutuhkan. Dalam beberapa profesi sering kita menjumpai ketentuan misalnya sehat jasmani dan rohani, tinggi dan berat badan tertentu, buta warna atau tidak, kulit tidak boleh bertato, anggota badan tidak bercacat, dan lain sebagainya. Anda harus memperhatikan hal tersebut agar anda tidak kalah sebelum berperang gara-gara ketentuan fisik yang tidak sesuai.

b. Performance atau penampilan. Ini harus juga diperhatikan. Penampilan yang menarik bukan hanya cantik dan ganteng tetapi anda harus berpakaian yang rapi dan pantas, pakai hem atau kemeja dan sepatu yang tertutup, kalau perempuan pakai saja sepatu hak tinggi atau high heels biar penampilan makin oke! Badan harus bersih dan muka juga harus terlihat bersinar, jangan lupa mandi yang bersih sebelum berangkat wawancara jangan sampai lupa, pakai parfum secukupnya jangan berlebihan. Buat yang perempuan bisa pakai bedak tipis-tipis, maskara, dan lip gloss biar tidak terlihat pucat dan enak dilihat. Jangan lupa, ketika masuk ruang wawancara jangan langsung duduk kalau belum dipersilakan, duduk jangan seenaknya, jangan bersandar, tegakkan badan anda. Beri senyum sekilas dan ucapakan selamat pagi, selamat siang, selamat sore, atau selamat malam. Boleh juga menjabat tangan pewawancara.

c. Knowledge atau pengetahuan anda, biasanya pewawancara akan menanyakan sebuah pengetahuan umum dan anda dimintai pendapat. Pengetahuan itu bersifat umum seperti seberapa besar pengetahuan anda tentang perusahaan yang anda lamar dan pengetahuan lain yang berhubungan dengan latar belakang pendidikan anda.

d. Self enthusiasm and confidence yaitu biasanya anda akan ditanyai motivasi anda melamar pekerjaan itu, memastikan apakah anda akan sanggup menjalankan pekerjaan itu atau tidak, dan kadang juga menanyakan reaksi anda apabila diterima atau tidak diterima bekerja di perusahaan tersebut nantinya. Untuk mengetes kepercayaan diri anda jangan kaget kalau misalnya anda disuruh menyanyi di depan pewawancara. Lakukan saja! Walaupun suara anda pas-pasan. Hehe.

e. Problem solving  yaitu pertanyaan saat wawancara yang sangat menarik karena pewawancara akan memberikan pertanyaan berupa sebuah kasus dan anda harus memiliki pemecahan masalah atas kasus tersebut. Misalnya adalah bagaimana kalau anda mendapat kabar kalau orang tua sakit keras tetapi anda belum boleh mengambil cuti atau libur, apa yang akan anda lakukan? Misalnya lagi supervisor anda nanti orang yang galak dan sering marah kalau pekerjaan tidak benar sedikit saja bagaimana?
Ingat! Anda harus menjawab dengan penuh keyakinan! Pertahankan  pendapat anda karena pada sesi inilah biasanya anda akan mendapat pertanyaan yang cukup menyudutkan dan menjebak. Jangan sampai salah bicara karena akan fatal akibatnya.

f. Family support yaitu menggali informasi tentang keluarga anda, sejauh mana dukungan keluarga anda terhadap pekerjaan yang akan anda jalani.

g. Financial ability yaitu kemampuan finansial. Bisa juga anda akan diberi pertanyaan tentang besaran gaji yang anda inginkan. Anda juga akan dites kalau misalnya gajinya sedikit apakah anda tetap akan mau bekerja di perusahaan tersebut? Persiapkan jawaban anda dengan sebaik-baiknya. Ini juga salah satu sesi pertanyaan yang sangat menjebak.

h. English ability atau kemampuan berbahasa inggris. Tidak jarang pada masa sekarang ini sangat dibutuhkan orang yang memiliki kemampuan bahasa inggris. Bagi anda yang memiliki kekurangan dalam berbahasa inggris jangan berkecil hati. Ketika wawancara minimal anda persiapkan untuk memperkenalkan diri (introducing your self) dalam bahasa inggris. Ketika nanti anda telah bekerja saya yakin anda akan terbiasa dengan suasana kerja dan mengenal vocabularies baru yang pasti akan membuat anda bisa berbahasa inggris dengan sesungguhnya. Tenang saja! 

Itu tadi beberapa hal yang dinilai dan ditanyakan dalam wawancara. Persiapkan diri anda dan jangan nervous. Pewawancara juga orang biasa seperti kita  sehingga kita dapat berusaha memasuki dunia pikiran mereka. Dengan sudut pandang yang sama dan persepsi yang sama maka saya yakin anda akan berhasil dalam wawancara.

Good luck!

Provita mengarang bebas. Comment, suggestion, and critical are needed. Hehe.

1 komentar:

  1. tambah satu lagi yang ke "i"

    "wani piro"

    taksengajadi.blogspot.com

    BalasHapus