Selasa, 23 Agustus 2011

Greeting Service Haji




Pernah dengar belum sih apa yang dimaksud dengan Greeting Service Haji? Memang belum banyak orang yang tau bahwa ada pekerjaan semacam itu. Saya pun baru mengetahuinya ketika saya mendengar kabar lowongan pekerjaan tersebut 2 tahun lalu.
Dalam penyelenggaraan ibadah haji, beberapa instansi saling bahu membahu untuk dapat menyelenggarakannya dengan baik. Tentu saja Departemen Agama sebagai tuan rumah penyelenggara ibadah haji tersebut adalah yang pokok. Departemen Agama adalah instansi yang mengatur sebagian besar kegiatan ibadah haji.
Dalam hal pembayaran tentu melibatkan bank-bank, dalam dokumen-dokumen keberangkatan ke luar negeri tentu melibatkan pihak imigrasi. Sedangkan untuk penerbangan ibadah haji pemerintah biasa memakai jasa dari Garuda Indonesia dan Saudi Arabia, khusus tahun 2011 rencananya juga dibuka kesempatan untuk Batavia Air.
Garuda Indonesia yang merupakan sebuah maskapai penerbangan tentu saja memiliki ground handling yang bertugas di darat. Salah satu perusahaan ground handling adalah PT Gapura Angkasa.
Setiap menjelang keberangkatan ibadah haji, PT Gapura Angkasa merekrut para pekerja kontrak musiman haji yang salah satunya berjuluk Hajj Greeting Service.
Apa tugas Hajj Greeting Service?
Tugasnya diantaranya adalah membantu jemaah haji berangkat mulai dari pintu X-ray asrama haji hingga jemaah naik ke pesawat, begitu pula sebaliknya saat pemulangan mereka membantu para jemaah turun dari pesawat hingga menuju embarkasi kembali. Tugas lainnya adalah memeriksa boarding pass atau lembar keterangan seseorang sah untuk naik pesawat, memastikan seluruh penumpang yang seharusnya berangkat telah berada di pesawat, memastikan barang bawaan ketika berangkat adalah sesuai dengan ketentuan (tas yang dibawa ke kabin adalah hanya 1 tas jinjing dan 1 tas kecil yang dikalungkan di leher, inilah sesi yang cukup melelahkan karena paling banyak komplain ketika ada barang penumpang yang terpaksa ditinggal karena melebihi kapasitas yang ditentukan :D ), dan tentu saja anda bisa meminta bertanya maupun meminta bantuan mereka yang berhubungan dengan keberangkatan haji.
Pekerjaan yang menyenangkan bukan? Bisa berinteraksi langsung dengan para jemaah yang akan berangkat ke tanah suci dan bisa mendengarkan kisah-kisah mereka setelah sekembalinya dari tanah suci. Percayalah, walaupun cukup melelahkan tetapi saya merindukan pekerjaan ini. :D

1 komentar:

  1. Saya pernah jd greeting service haji ketika thn 2003, betul spt itu memang pekerjaanya, kita satu asrama dng calon haji, kita mengantar dan menjemput mreka dr asrama haji sampai mreka naik kepesawat dan sebaliknya

    BalasHapus